Rekomendasi Wisata Malam Terbaik di Jogja

pediawisatayogyakarta - Seperti yang kita ketahui, kota Yogyakarta terkenal akan keindahan alamnya yang mampu menarik pelancong lokal maupun turis luar untuk datang berkunjung ke Kota Gudeg ini. Berbagai destinasi wisata keren dapat dengan mudahnya ditemukan. Banyak pantai, barisan bukit, hingga hutan-hutan yang menarik untuk dieksplor di Jogja. Dan juga Jogja tidak hanya menarik di siang hari, Jogja juga ‘hidup’ di saat malam hari lho. Sehingga wisata malam yang ada di Jogja sangat wajib dikunjungi. Apa aja sih wisata malam yang indah di Jogja? Berikut akan kami bahas dalam artikel berikut ini mengenai rekomendasi wisata malam terbaik di Jogja yang harus kalian kunjungi :

Rekomendasi Wisata Malam Terbaik di Jogja

1. Pintu Langit Dahromo

Wisata malam yang amat hits di Jogja adalah Pintu Langit Dahromo, yang terletak di Bukit Dahromo, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul. Spot ini tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Tempat yang gemerlap ini menjadi favorit karena memiliki spot foto berbentuk pintu dengan pemandangan Jogja yang menakjubkan.

Bukit ini dari pusat Kota Jogja dapat ditempuh kira-kira dalam satu jam. Untuk berfoto di spot yang tersedia, pengunjung cukup membayar Rp. 5000 dan biaya parkir. Sangat ramah kantong, bukan?

2. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro adalah kawasan jalan populer di Jogja. Jalan ini merupakan satu dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Margo Mulyo. Jalan ini tak jauh dari Stasiun Tugu Jogja.

Jalan besar ini merupakan bukti Kota Yogjakarta yang tak pernah tidur. Kegiatan di jalan ini beraneka macam, duduk menikmati suasana Jogja di bangku yang tersedia di sepanjang jalan, naik delman keliling kota, berbelanja di toko sekitar Malioboro, hingga ngopi asyik di pinggir jalan.

3. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta merupakan sebuah monumen yang sering dipakai sebagai landmark dari Yogyakarta. Tugu ini dibangun oleh pemerintah Belanda setelah tugu sebelumnya runtuh akibat gempa yang terjadi di masa itu. Kini, Tugu Yogyakarta ini menjadi salah satu objek pariwisata Yogya. Keindahannya di malam hari juga wajib untuk dieksplorasi.

Saat malam hari, tugu ini dipadati oleh wisatawan yang ingin berfoto, banyak pula anak muda yang nongkrong di sekitar tugu. Dapat pula berwisata kuliner di sini, karena banyak angkringan tersedia di sekitar tugu. Pastinya murah meriah dan enak.

4. Candi Prambanan

Objek wisata di Jogja malam kali ini pasti sudah tidak asing, nih. Prambanan adalah sebuah kawasan di sebelah timur kota Jogja yang terkenal akan candi megahnya. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang bisa kamu nikmati kemegahannya dalam malam hari.

Pengunjung juga dapat menyaksikan drama seni tari Ramayana Ballet Prambanan atau Sendratari Ramayana Prambanan. Pertunjukan yang menyatukan seni tari, drama, dan musik tradisional dalam satu panggung ini selalu berhasil memukau penonton dan membuat mereka terhanyut dalam kisah Ramayana.

Dalam balutan lampu sorot warna-warni, Candi Prambanan di malam hari sangat terlihat indah megah.Sering-sering kepoin event di Candi Prambanan, ya! Karena sayang banget untuk dilewatkan.

5. Hutan Pinus Pengger

Kali ini merupakan wisata malam favorit anak muda, yaitu Hutan Pinus Pengger yang berada di bagian paling utara Jogja, tepatnya berbatasan dengan wilayah Kecamatan pathuk Gunung Kidul meski demikian masih masuk dalam wilayah Kecamatan Dlingo.

Yang menjadi primadona di lokasi ini adalah spot foto rumah ala Indian, dengan lubang di tengah yang bisa dimasuki pengunjung. Pengunjung bisa berfoto di lubang itu. Dari situ pula pengunjung dapat melihat Jogja dari ketinggian, lengkap dengan gemerlap lampu kota. Sangat direkomendasikan sebagai wisata malam Jogja.

6. Bukit Paralayang, Parangtritis

Parangtritis memang dikenal dengan pantainya yang indah. Namun, ada juga tempat wisata malam di sekitar pantai ini, yaitu Paralayang Parangtritis. Tidak hanya pemandangan alam saja yang dapat dinikmati, tapi lampu kota pun turut meramaikan malam hari di Paralayang. Suasana yang dingin, cantik dan bagus cocok untuk hunting foto.

7. Bukit Bintang

Yang terakhir merupakan Bukit Bintang yang terletak di Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Seperti namanya, Bukit Bintang di malam hari bertabur bintang. Itulah yang menjadikan Bukit Bintang pada saat sore hingga malam hari selalu ramai dipadati oleh muda-mudi dan orang dewasa untuk menikmati keindahan malam Jogja dari ketinggian.

Di kawasan Bukit Bintang ini terdapat banyak warung dan kedai kopi sederhana. Siapa yang tidak ingin merasakan hangatnya kopi dengan suasana indah itu? Selain indah akan gemerlap bintang dan lampu kota, Bukit Bintang ini memberikan kesan romantis apalagi bagi pengunjung yang datang bersama orang tersayang.